Rabu, Oktober 29, 2008

Kekuatan Sebuah Doa

KEKUATAAN SEBUAH DOA

Judul : Doa Harian Nabi & Keluarganya
Penulis : TIM Zahrah Publishing
Penerbit : Zahrah Publishing
Terbit : Cetakan 1, Rajab 1429 H/Juli 2008 M
Tebal : 300 halaman

Doa adalah “senjata spiritual” yang sangat ampuh. Doa merupakan perisai kaum mukmin dan sarana paling efektif untuk komunikasi antara seorang hamba dengan Sang Pencipta. Doa juga merupakan jalan pintas yang ditempuh seorang hamba untuk mendekatkan diri pada Khaliqnya. Bahkan diriwayatkan bahwa “doa adalah akal ibadah”. Demikian besarnya pengaruh doa terhadap kehidupan manusia baik untuk diri, keluarga dan lingkungannya, baik untuk kepentingan dunia maupun akherat.
Konon, air yang didoakan dengan yang tidak, memiliki pengaruh yang berbeda terhadap tanaman. Tanaman yang disiram dengan air yang didoakan akan memiliki daya tumbuh dan hidup yang jauh lebih baik dibandingkan disiram dengan air yang tidak didoakan. Ini menunjukkan bahwa doa itu menyiratkan kekuatan yang luar biasa. Karena itu, berdoalah setiap hari, bahkan setiap saat.
Hanya saja, kita terkadang bingung doa yang apa yang kita pakai setiap hari. Enggak usah bingung, sebab dalam buku ini akan dipaparkan berbagai macam doa. Kita ingin diberikan rizki yang banyak, dalam buku ini ada doanya. Kita juga ingin ditenangkan hatinya oleh Allah, buku ini jawabannya. Pun, kita ingin tertolak dari segala macam bencana, buku ini memberi resep doanya.
Hal yang paling spektakuler bagi saya adalah buku ini mampu mengumpulkan doa-doa yang harus kita baca pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu dan Minggu. Ternyata, setiap hari ada doanya yang berbeda-beda. Doa-doa ini merupakan amalan yang sering dipraktekkan oleh Nabi Muhammad Saw dan kerabatnya seperti Ali Zainal Abidin, anak dari Imam Husain dan sebagainya.
Buku ini disajikan secara sederhana dan sengaja diperuntukkan bukan untuk diperdebatkan secara ilmiah. Meski begitu, menariknya, setiap bab selalu disertai ulasan singkat. Misalnya, saat menjelaskan tentang bab doa menolak bencana, didahului oleh penjelasan mengenai manfaat doa ini bila kita baca setiap saat.
Diriwayatkan oleh Syekh Ibnu Fahd, pada suatu hari dia membawa kabar kepada Abu Darda bahwa api telah melalap rumahnya, lalu Abu Darda berkata, “Tidak mungkin rumah saya terbakar.” Lalu datang orang lain membawa kabar yang sama, namun dijawab oleh Abu Darda dengan jawaban yang sama, hingga terulang sampai 3 kali.
Abu Darda lalu pulang dan melihat rumahnya tidak terbakar sementara rumah-rumah di sekitarnya habis dilahap api. Orang-orang pun bertanya kepada Abu Darda, “Bagaimana Anda bisa tahu rumah Anda tidak terbakar?”
Abu Darda menjawab, “Barang siapa membaca doa ini di pagi hari, maka di hari itu dia tidak akan mendapatkan apa-apa yang tidak dia inginkan. Dan barang siapa membaca doa ini di malam hari, dia tidak akan mendapat apa-apa yang tidak dia inginkan di malam hari.”
Abu Darda melanjutkan, “Aku telah membaca doa tersebut pagi ini, karenanya aku mengetahui bawa rumahku tidak akan kena bencana hari ini.” Penasaran doanya seperti apa? Beli saja buku ini karena manfaatnya sangat besar buat kehidupan kita kelak! Amien.

Eep Khunaefi

Tidak ada komentar: